Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah laksanakan Tablik Akbar Bersama Ketua MUI Sulsel Ag.H.Sanusi Baco Lc., M.A.
Komentar

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah laksanakan Tablik Akbar Bersama Ketua MUI Sulsel Ag.H.Sanusi Baco Lc., M.A.

Komentar

Terkini.id, Gowa – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) menggelar Tablik Akbar dengan tema Refleksi Perjuangan Hijrah Sebagai Jalan Menuju Persatuan Muslim.

Kegiatan ini membahas soal perjuangan umat muslim, mulai dari sejarah kenabian, keikhlasan (menuntut ilmu), hingga ukhuwa islamiyah dan ukhuwah watoniyah dan acara ini juga bertepatan dengan tahun baru islam

Dalam peringatan tahun baru islam beliau membahas tentang sejarah kenabian,mengenai Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah menjadi peristiwa besar bagi umat Islam dan Kisah itu mempunyai makna yang begitu mendalam bagi muslimin dunia, yang dimana Peristiwa itu kemudian menjadi awal tahun kalender Islam dan diperingati hingga sampai saat ini.

Iapun juga membahas perihal keikhlasan (menuntut ilmu).beliau mengatakan bahwa menuntut ilmu ialah sebuah ibadah yang sangat mulia, sebab ilmu adalah kunci pembuka untuk amalan-amalan lainnya. Karena dengan ilmu, seorang hamba bisa mengetahui bagaimana seharusnya dia beribadah kepada Rabb-nya, mengetahui apa saja kewajiban yang harus ia jalankan, serta mengetahui apa saja larangan yang harus ia jauhi. Oleh karena itulah, keikhlasan dalam menuntut ilmu adalah suatu hal yang harus terus dijaga oleh kita semua agar ibadah yang sangat mulia ini tidak menjadi debu yang berhamburan di sisi Allah Ta’ala.

umat Islam di Indonesia punya tugas menjaga ukhuwah Islamiah, basyariah dan wathoniyah di masyarakat.

“Ukhuwah Ilsamiyah itu punya arti persaudaraan antar umat Islam, ukhuwah basyariah persaudaraan antar umat manusia dan ukhuwah wathoniyah persaudaraan antar anak bangsa.

Kemudian, membangun persaudaraan sejati, menciptakan kehidupan masyarakat yang rukun, harmonis, saling menghormati, mencintai dan menolong dalam semangat persaudaraan kebangsaan.

Adapun penyampaian dari ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan keguruan bahwa pada musim pandemi Covid-19 saat ini, mengajak semua pihak untuk bersatu padu, bahu-membahu dan bekerja sama mengatasi musibah pandemi ini,”