Dosen UIN Alauddin Diundang Kuliah Tamu di UCYP Malaysia
Komentar

Dosen UIN Alauddin Diundang Kuliah Tamu di UCYP Malaysia

Komentar

Terkini.id, Gowa – Dr. Hj. Rahmatiah H. Latif, dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, diundang untuk menyampaikan kuliah tamu di University College of Yayasan Pahang, Malaysia, Kamis, 8 Oktober 2020.

Dalam pelaksanaan seri kuliah tamu menyongsong International Postgraduate Research Conference (IPRC), yang akan dilaksanakan SEAAM dan UCYP, Desember mendatang.

Dr. Azhar Jaafar, Deputi Naib Canselor UCYP Malaysia mengemukakan bahwa pelaksanaan kuliah tamu ini sudah memasuki seri yang ketiga dalam semester ini. Sebelumnya mengundang Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara.

Adapun pekan ini, mengundang Dr. Hj. Rahmatiah Latif, saat ini juga menjabat sebagai Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Alauddin Makassar.

Dr. Andi Ibrahim, co-chair program Visiting Lecture mengemukakan bahwa kolaborasi antara UCYP dengan civitas akademik di Asia Tenggara menjadi wadah untuk bersinergi dalam memperkuat tri dharma perguruan tinggi.

Baca Juga

Sementara itu, Prof. Em. Dato’ Dr. Ahmad bin Haji Zainuddin, Naib Canselor UCYP menyampaikan dalam pembukaan visiting lecture, bahwa Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara memiliki potensi untuk saling mendukung.

“Dengan demikian, ini akan menjadi wadah dalam mendorong adanya kesatuan gerak perguruan tinggi, termasuk dalam pembelajaran dan penelitian.” kata Prof. Dato’ Ahmad.

International Postgraduate Research Conference pertama kali dilaksanakan di Manado, sekaligus pembentukan SEAAM pada 2016. Selanjutnya, pelaksanaan IPRC dilaksanakan kembali 2018 di Manado.

Untuk 2019 dilaksanakan di Padang dengan tuan rumah Universitas Negeri Padang. Tahun ini direncanakan di UCYP, Malaysia.

“Hanya saja, kondisi pandemi, maka dilaksanakan secara virtual. Pendaftaran mahasiswa baru yang sedianya dilaksanakan luring, namun karena kondisi saat ini, sehingga pembelajaran di seluruh perguruan tinggi Malaysia dilaksanakan daring,” kata Dr. Azhar.

“Untuk itu, IPRC juga akan dilaksanakan secara daring,” tutup Dr. Azhar terkait dengan persiapan pelaksanaan IPRC.