Pengurus Nasional MASIKA ICMI Dilantik di Perpustakaan Nasional
Komentar

Pengurus Nasional MASIKA ICMI Dilantik di Perpustakaan Nasional

Komentar

Terkini.id, Gowa – Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia, melantik pengurus nasional MASIKA ICMI, bertempat di perpustakaan nasional, Jakarta, Minggu 31 Oktober 2021.

Dr. Ismail Rumadan, Ketua Umum Pengurus Nasional MASIKA ICMI, periode 2021-2026 mengemukakan bahwa kepengurusan akan mengaksentuasi tantangan digitalisasi.

Prof. Jimly memesankan bahwa keberadaan MASIKA ICMI menjadi wadah aktivitas kader inti ICMI.

“Dengan pelantikan ini, menjadi tanda regenerasi ICMI dari waktu ke waktu,” kata Prof. Jimly dalam sambutan pelantikan. 

Pelantikan dilaksanakan dengan hybrid, turut hadir secara virtual Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga

Pelaksanaan pelantikan dilengkapi pula dengan pidato Prof. Dr. Arif Satria, Majelis Pengurus Pusat ICMI. Prof. Arif juga adalah Rektor IPB University.

Dalam pidato seusai pelantikan, “best practice tidak lagi hanya satu-satunya merencanakan kemajuan. Ini akan menjadikan kita sebagai follower,” tutur Prof. Arif.

Sementara itu, Ismail Suardi Wekke, Ph.D., wakil ketua umum MASIKA ICMI menyampaikan bahwa MASIKA sejatinya adalah wadah bagi pemuda muslim.

“Sekaligus juga menjadi kesempatan untuk mendorong lahirnya cendekia-cendekia. Juga dengan adanya kepengurusan MASIKA ICMI ini akan berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” kata Ismail.

Selama empat tahun terakhir MASIKA ICMI, telah mengelola Akademi Tunas Cendekia Indonesia. “Sekaligus ini menjadi keputusan dalam rapat kerja nasional,” ujar Ismail.

Akademi Tunas Cendekia Indonesia menjadi sarana dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Sekaligus dalam kaitan dengan diseminasi ilmu pengetahuan dengan melaksanakan Habibie-Erbakan Fellowship.

Melalui Tunas Cendekia, MASIKA ICMI telah menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa dan pemuda dalam kaitan dengan aktivitas pengembangan ilmu pengetahuan.

“MASIKA ICMI menjadi wadah berekspresi lintas organisasi dan juga lintas wilayah,” kata Ismail Suardi Wekke yang juga adalah dosen IAIN Sorong.